Bisnis Penyedap Rasa yang Merajai Dunia



 

Penemuan rasa umami oleh Prof. Kikunae Ikeda ternyata membawa grup Ajinomoto berkembang sangat pesat. Monosodium Glutamat (MSG) dan beberapa produk berbasis rasa umami membantu konsumen dunia untuk menciptakan keseimbangan rasa untuk memperoleh rasa enak. Sehingga tidak aneh, karena perkembangannya yang begitu pesat, di usianya yang melewati angka 100 tahun, ekspansi grup ini terus berlanjut. Termasuk di Indonesia.

Grup Ajinomoto Indonesia juga terus berkembang dengan pesat. Menurut President dan CEO Ajinomoto, Masatoshi Ito, bisnisnya di Indonesia telah mencapai keseimbangan, ”Sudah ada sistem terintegrasi antara produksi dan penjualan, serta ekspor dan impor,” ujar Masatoshi.

Untuk melanjutkan komitmen dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia, 5 Oktober lalu, Ajinomoto meresmikan gedung baru yang menjadi kantor pusat di Indonesia. Gedung ini melambangkan perkembangan grup Ajinomoto dan dilengkapi oleh dapur umami. Konsep dan tujuan pembangunan gedung baru tersebut adalah 1) untuk memberikan ruang kerja yang memadai, 2) memberikan akses komunikasi yang baik untuk internal dan eksternal, 3) memiliki tingkat keamanan yang memadai, serta 4) memiliki sistem pencegahan terhadap bencana. K-09

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...