Plastik untuk Kemasan Pangan



 

Plastik merupakan salah satu jenis polimer hasil rekayasa teknologi manusia. Jenis plastik yang banyak digunakan dan aman yakni high density polyethylene (HDPE), low density polythylene (LDPE), polyethylne therephthalate (PET), polystyrene (PS), polypropylene (PP), polycarbonate (PC), dan polyvinylchloride (PVC).

Penjelasan seputar plastik dan fungsinya sebagai bahan kemasan pangan tersebut diuraikan dalam talkshow yang diselenggarakan oleh Himpunan Polimer Indonesia(HPI), dan Federasi Pengemas Indonesia(FPI) di Jakarta pada pertengahan Agustus lalu. Acara digelar dalam rangka Pameran Indopack 2009 oleh Wahana Kemala Niaga Makmur. Dalam acara itu, ahli kemasan dari Pusat Teknologi Material BPPT Lies A.Wisojodharmo menjelaskan, di kehidupan sehari-hari plastik biasa digunakan untuk kemasan untuk kemasan susu, minyak goreng, mentega, kecap, saus, jus, teh, isotonik, dan lain-lain. Plastik PET misalnya, biasa digunakan untuk produk pangan yang berbahan lemak dan minyak, juga kemasan untuk beberapa produk minuman.

Di antara bahan kemasan yang ada, plastik adalah bahan kemasan yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan, ”Plastik memiliki sejumlah keunggulan dibanding jenis kemasan lain, yakni lebih ringan, tidak mudah pecah, mudah dibentuk, bahan dasarnya banyak pilihan, mudah diproduksi secara massal, harga relatif murah, dan mudah dipasang label dan dibuat dengan aneka warna,” katanya. K-08

Artikel Lainnya