Rumah Bumbu Hasilkan Bumbu Khas Indonesia



Berdiri sejak Juli 2008, Rumah Bumbu merupakan potret usaha kecil dan menengah yang sukses meraih pasar di bidang penyediaan bumbu-bumbu. Pasar utama Rumah Bumbu adalah restoran dan katering di berbagai kota yang saat ini tengah menjamur. Tidak hanya pasar lokal, pasar luar negeri pun digarap oleh Rumah Bumbu.

Ditemui disela-sela penyelenggaraan Pameran Pangan Nusa (PPN) 2009 di Jakarta pada pertengahan Agustus lalu, Pimpinan Rumah Bumbu, Anita Tri Yustina menjelaskan, usahanya tersebut berawal dari permintaan bumbu-bumbu khusus dalam jumlah terbatas. Dengan produksi bumbu berkualitas baik, packaging yang menarik, waktu pembuatan yang relatif cepat, harga bersaing dan aspek legal yang telah dipenuhi, produk Rumah Bumbu terus berkembang memenuhi permintaan pasar baik dalam maupun luar negeri.

Produk bumbu yang biasa dibuat adalah bumbu-bumbu khas masakan Indonesia seperti bumbu sayur asem, opor, rendang, gulai, serta beberapa bumbu dasar. Tantangan yang dihadapi Rumah Bumbu saat ini adalah adanya tuntutan pasar untuk membuat produk dalam bentuk kering dengan tanpa mengubah rasa dan tekstur, seperti halnya bumbu pasta atau basah yang biasa dibuat. K-08

Artikel Lainnya

  • Okt 06, 2018

    Tren Specialty Tea Indonesia

    Specialty tea merupakan teh berkualitas tinggi yang dibuat dari pucuk muda tanaman teh....

  • Okt 06, 2018

    Menu Engineering dalam Bisnis Waralaba

    Menjalankan waralaba tentu diperlukan beberapa aspek yang menyertai....

  • Okt 04, 2018

    Konsep Baru Industri Horeka Indonesia

    Perkembangan industri jasa boga saat ini semakin intensif di Indonesia....

  • Okt 01, 2018

    Pameran Bisnis Waralaba & Kafe Terbesar di tahun 2018

    Gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini dan pertumbuhan ekonomi kelas menengah mendorong kinerja industri pengolahan kopi di dalam negeri hingga mengalami peningkatan yang signifikan. Kopi Indonesia banyak digemari dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Salah satu cara modern untuk menikmati kopi adalah dengan datang ke kafe. Pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan di dalam negeri meningkat rata-rata lebih dari 7% pertahun. Melihat hal tersebut, tidak mengherankan apabila perkembangan bisnis kafe di Indonesia begitu menjanjikan. Kafe kini bukan hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi namun telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. ...

  • Sep 22, 2018

    Sehat Tidak Selalu Tidak Enak

    Paradigma terhadap makanan yang menyehatkan masih erat dengan rasa yang tidak enak dan tidak menarik untuk dikonsumsi. Guna mendobrak paradigma tersebut, diperlukan usaha dari para pelaku kepentingan seperti praktisi kesehatan, pelaku kuliner, dan juga konsumen sebagai target utama mengubah paradigma tersebut. ...