Rumah Bumbu Hasilkan Bumbu Khas Indonesia



Berdiri sejak Juli 2008, Rumah Bumbu merupakan potret usaha kecil dan menengah yang sukses meraih pasar di bidang penyediaan bumbu-bumbu. Pasar utama Rumah Bumbu adalah restoran dan katering di berbagai kota yang saat ini tengah menjamur. Tidak hanya pasar lokal, pasar luar negeri pun digarap oleh Rumah Bumbu.

Ditemui disela-sela penyelenggaraan Pameran Pangan Nusa (PPN) 2009 di Jakarta pada pertengahan Agustus lalu, Pimpinan Rumah Bumbu, Anita Tri Yustina menjelaskan, usahanya tersebut berawal dari permintaan bumbu-bumbu khusus dalam jumlah terbatas. Dengan produksi bumbu berkualitas baik, packaging yang menarik, waktu pembuatan yang relatif cepat, harga bersaing dan aspek legal yang telah dipenuhi, produk Rumah Bumbu terus berkembang memenuhi permintaan pasar baik dalam maupun luar negeri.

Produk bumbu yang biasa dibuat adalah bumbu-bumbu khas masakan Indonesia seperti bumbu sayur asem, opor, rendang, gulai, serta beberapa bumbu dasar. Tantangan yang dihadapi Rumah Bumbu saat ini adalah adanya tuntutan pasar untuk membuat produk dalam bentuk kering dengan tanpa mengubah rasa dan tekstur, seperti halnya bumbu pasta atau basah yang biasa dibuat. K-08

Artikel Lainnya