Kejuaraan Akbar LOUIS LESAFFRE CHAMPIONSHIP 2009



Sebuah ajang besar dari Lesaffre Group, yakni Louis Lesaffre Cup (LLC) digelar tahun ini. Pertandingan yang dimotori oleh supplier berbagai varian ragi (yeast) merek SAF dan produk-produk baking ingridien lainnya dengan jaringan penjualan di seluruh dunia tersebut diawali dengan seleksi tingkat regional yang para pemenangnya maju ke seleksi nasional yang finalnya diadakan bersaman dengan pameran Interfood 2009 di Jakarta, pertengahan Agustus lalu.

General Manager PT Saf Indonusa Gregorius Sudrajat Sukamulyo, menjelaskan, event ini diadakan untuk mengenang Louis Lesaffre, pendiri Lesaffre Group yang memiliki dedikasi tinggi dalam pengembangan bisnis bakery di dunia. Selain itu, kejuaraan ini sekaligus pula untuk membuka kesempatan bagi para baker di Tanah Air untuk meng-upgrade kapasitasnya melalui kompetisi, dan membawa nama Indonesia di kompetisi tingkat Asia-Pasifik pada tahun 2010.

Seleksi regional dibagi dalam tiga wilayah, yakni barat, tengah dan timur. Seleksi wilayah barat, yang mencakup seluruh Provinsi di Pulau Jawa kecuali Provinsi Lampung, telah dilangsungkan di Medan pada April lalu.

Untuk wilayah tengah yang meliputi Provinsi Lampung, Kalimantan Barat, dan seluruh provinsi di Pulau Jawa kecuali Provinsi Jawa Timur - digelar di Bandung pada 20-22 Juni Juni lalu. Adapun wilayah Timur, berlangsung di Bali pada tanggal 23-25 Juli 2009, meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, semua provinsi di Pulau Kalimantan kecuali Provinsi Kalimantan Barat, dan semua provinsi di Pulau Sulawesi, Maluku, sampai Papua.
Kategori yang dilombakan dalam LLC 2009 ini yakni European Bread, Viennese Pastrie dan Artistic Presentation. European bread meliputi baguettes dan special bread, sedang Viennese pastries dibuat dengan yeast puff pastry dough dan yeast pastry dough. Adapun artistic masterpiece mengangkat tema “roti sebagai simbol dari negara.”
Kriteria penilaian meliputi: keterampilan organisasi, bagaimana bekerja dengan waktu dan ruang, team work, dan kompetensi setiap peserta. Para pemenang tingkat regional berhak mendapatan piala, medali emas, sertifikat, dan hadiah berupa uang, selain mendapak hak untuk berlaga di seleksi nasional. Adapun runner up satu dan runner up dua mendapakan medali perak dan medali perunggu, sertifikat dan hadiah uang.

Seleksi tingkat nasional Seleksi nasional yang diadakan pada 8-10 Agustus lalu di Arena Pekan Raya Jakarta tersebut dibuka oleh Gregorius selaku penyelenggara kegiatan, dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Richard Wenworth sebagai kapten juri pada pertandingan tersebut.

Pada hari pertama kejuaraan, dilakukan pertandingan European bread and special bread yang diikuti oleh 3 peserta yang telah terlebih dahulu di seleksi secara Administrasi oleh Expert Baker Saf Indonusa Santoni, dan telah lolos dalam pre seleksi LLC ini. Mereka adalah Chef Hotel Gran Melia Heri Saepul Bahri, Chef Baker Ayana Resort, Bali Suyadnya, dan Chef Baker di Conrad Hotel Bali Yudagama. Pada hari kedua, yakni 9 Agustus, digelar pertandingan dengan kategori viennese pastry, yang diikuti oleh 3 orang kandidat pilihan. Mereka yakni Head Baker Hotel Four Season Aris Tatang, Chef Baker Hotel Sahira Bogor Risman, dan Chef Baker Hotel Gran Melia Murdiyanto.

Adapun pertandingan final di kategori artistic presentation diikuti oleh kandidat pilihan, yaitu Baker Bali Safari & Marine Park AA Anom Suastika, Baker Hotel Gran Melia Aunu Rofiq, dan Manager Gold France Yustrianto. Dalam pertandingan yang tiap harinya berlangsung dari pukul 9.00 hingga 17.30 tersebut juga hadir perwakilan dari PT SAF Indonusa, para anggota Asosiasi Bakery Indonesia, Classic Fine Foods, Sinar Cahaya Cemerlang, Tulip, Sriboga, Fonterra, Nikki International Hotel School-Bali, Fonterra, dan khalayak umum.

Para dewan juri dalam LLC 2009 ini, yakni Gregorius Sudrajat Sukamulyo. (PT. SAF Indonusa), Richard Wenworth (Lessafre Group), I Gede Widjana, (Nikki International Hotel School), Heru Laksana (Asosiasi Bakery Indonesia), dan Petrus Gandamana (Majalah Bakery Indonesia).

Dalam final tersebut, para juri memilih para pemenang dari tiap kategori, yakni I Made Suyadna dari Ayana Resort, Bali untuk kategori European Bread and Special Bread, dan Aris Tatang dari Four Season Jakarta untuk kategori Vienesse Pastries. Adapun untuk kategori Artistic Presentation, dimenangkan oleh Yustriyanto dari PT Gold France.

Para pemenang berhak untuk mewakili Indonesia untuk melangkah maju ke seleksi yang selanjutnya, yaitu Asia Pacific Selection, yang akan diadakan di Shanghai-China pada tahun 2010. Tim yang menang dalam Asia Pacific Selection di Shangai, akan maju di kejuaraan tingkat dunia yaitu, World Bakery Cup, yang akan diadakan di Perancis pada tahun 2011. Selamat untuk para pemenang! K-08

Artikel Lainnya